Menganalisis gangguan sistem standar kelistrikan otomotif

Selain dapat menyebabkan mobil mogok, masalah kelistrikan juga bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa perangkat kendaraan yang mengandalkan sumber kelistrikan. Bahkan jika sudah terjadi kerusakan, biaya yang dikeluarkan juga tidaklah sedikit untuk pulih sepenuhnya.

Berikut ini merupakan beberapa komponen kelistrikan yang merupakan kunci utama pada sistem kelistrikan kendaraan.

Aki

Komponen ini menjadi sumber listrik pada kendaraan. Fungsinya adalah untuk menyimpan tenaga listrik dan menyalurkannya ke beberapa komponen yang membutuhkan tenaga listrik seperti lampu, perangkat audio dan lainnya yang ada pada kendaraan. Jika aki bermasalah bisa berakibat mobil mogok.

Alternator

Komponen ini juga disebut dengan nama dinamo ampere. Bagian ini bisa menghasilkan arus listrik AC (alternating current) dan selanjutnya diubah menjadi arus DC (direct current).

Voltage Regulator

Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengatur arus listrik yang terdapat pada alternator supaya bisa sesuai dengan komponen kelistrikan dan kapasitas aki pada kendaraan. Jika listrik yang mengalir menuju aki terlalu berlebihan bisa menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itulah fungsi dari komponen voltage regulator sangatlah penting. Dengan mengandalkan komponen ini maka tegangan yang disalurkan akan berada di angka 13,5 – 14,5 volt. Biasanya mobil mengandalkan aki DC dengan tegangan 12 volt.

Setelah melihat beberapa komponen tersebut, penjelasan selanjutnya berkaitan dengan masalah kelistrikan pada mobil. Jadi setiap komponen bisa berpotensi mengalami kerusakan, berikut informasinya.


Masalah kelistrikan pada mobil

Aki

Kerusakan yang sering terjadi pada aki basah adalah sel sudah aus atau getas. Sebenarnya jika mengalaminya menandakan bahwa kerusakan tergolong masih baru, karena pemilik telat melakukan pengisian air aki. Oleh sebab itu banyak yang menyarankan untuk melakukan pengecekan pada kondisi aki mobil. Adapun pengecekan yang paling mudah adalah dengan melihat indikator warna yang terdapat pada aki mobil. Jika indikatornya masih menunjukkan warna biru maka menandakan masih bagus, namun jika warna merah maka menandakan terdapat masalah.

Masalah pada aki selanjutnya adalah kabelnya mengalami korosi yang berakibat arus listrik tidak maksimal dalam penyalurannya ke mesin. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah yakni hanya dengan melakukan pembersihan terminal aki dengan rutin dan menjaga sambungan kabel agar tidak konsleting dengan memberikan pembungkus.

Alternator


Apabila alternator mengalami masalah bisa membuat mobil mogok. Masalah yang sering terjadi pada alternator meliputi:

1. Gulungan Kawat Tembaga Yang Putus

Untuk mengetahui masalah ini terbilang sulit yakni dengan menyalakan semua piranti pada kendaraan yang memakai sistem kelistrikan. Jika Cahaya lampu atau suara audio terasa berkurang dan tidak maksimal maka menandakan adanya kerusakan. Bahkan saat gulungan atau kawat yang putus dalam jumlah banyak bisa membuat mobil mogok dan saat menghidupkannya terasa sulit.

2. Diode Putus

Terdapat 6 diode yang biasa terdapat pada bagian alternator. Akan tetapi, walaupun hanya satu yang mengalami kerusakan bisa membuat mesin kendaraan sulit untuk dinyalakan.

3. Kabel Korosi

Dalam masalah ini biasanya yang sering dialami adalah kabel yang menuju ke aki terjadi korosi. Hasilnya aliran listriknya yang menuju aki kurang maksimal. Jika sudah begitu mobil menjadi sulit untuk dihidupkan. Oleh sebab itulah pemeriksaan rutin perlu dilakukan pada kabelnya.

4. Brush Atau Arang Yang Habis

Jika komponen ini sudah habis maka akan membuat medan magnet yang berada di dalam alternator tidak dapat melakukan pekerjaannya. Jika sudah begitu maka arus listrik yang menuju ke piranti kendaraan tidak akan terbentuk. Sementara itu, kehabisan arang disebabkan oleh penggunaan yang dilakukan secara terus menerus. Solusinya adalah dengan melakukan penggantian yang baru. Pada umumnya medan magnet akan langsung bekerja ketika kunci kontak pada mobil diaktifkan.


Voltage Regulator

Untuk masalah kelistrikan yang terakhir adalah di bagian voltage regulator. Biasanya bagian ini mengalami masalah karena aki atau alternator yang bermasalah. Gejalanya sangat mudah untuk diketahui yaitu sekering dan bohlam lampu yang sering putus. Jika mengalaminya segera perbaiki agar tidak menyebabkan sumber listrik ikut bermasalah.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya sudah memahami artikel tersebut dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Bermanfaat, Alhamdulillah Setelah Membaca Artikel Blog ini saya mendapat informasi tentang gangguan sistem kelistrikan otomotif Dan komponennya.

    BalasHapus
  4. Artikel ini sangat membantu, memudahkan saya mengidentifikasi kerusakan dan penanganannya..

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr wb mohon maaf saya mau tanya apakah kerja voltage regulator seperti kerja kiprok (regulator) pada kendaraan bermotor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam, Harap di sertakan nama dan kelas ya.
      Untuk Voltage regulator memang cara kerja seperti kiprok. untuk mentabilkan tegangan ke accu. Tp yg di blog ini adalah voltage regulator konvensional. masih berupa mekanik, belum menggunakan IC yg kebanyakan mobil sekarang di produksi.

      Hapus
  6. Nama : Novianto Ardi
    No. : 31
    Kls. : XII TO-1

    Berapakah daya arus listrik AC yang dihasilkan oleh altenator sebelum diubah menjadi DC?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daya listrik sama saat arus AC dan DC. tapi daya listrik yang dibangkitkan alternator tergantung berapa banyak kebutuhan listrik di kendaraan. bila aki belum penuh dan kebutuhan listrik banyak, misal penerangan dan ac nyala, maka alternator akan mengeluarkan energi listrik yang banyak.

      Hapus
    2. Mungkin 100~ 200watt di tegangan 12v

      Hapus
    3. Tegangan sistem 12volt bisa sampai 14,6volt. Daya yg dikeluarka tergantung kebutuhan beban, bisa dibawah 100watt atau bisa lebih dari 500watt

      Hapus
  7. Artikel ini informatif juga mudah di pahami, dri artikel ini sy mendapatkan informasi tentang gangguan pada sistem kelistrikan secara jelas pada komponen dan cara perbaikan maupun untuk meminimalisir kerusakannya

    BalasHapus
  8. Berapa lama bertahan aki kering dan aki basah apakah ada perbedaan di antaranya??
    Musfa imam risfiantoro
    XII TO 2
    18

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daya tahan baterai karing dan basah menurut pengalaman masih awet yg basah apabila perawatan accu teratur. tapi tidak menutup kemungkinan teknologi aki kering sekarang semakin bagus.

      Hapus
  9. Ayuda Anhar /05/Xll TO 1
    Setelah saya membaca,artikel di atas saya dapat memahami tentang gangguan sistem kelistrikan dan komponen nya.

    Apa fungsi brush atau arang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk perantara mengairkan arus listrik ke kumparan

      Hapus
  10. Nama:Galih Arif Pambudi
    Kelas:XII TO 1
    No:14
    Pertanyaan:
    Apa yang menyebabkan kabel mengalami korosi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa sebab, bisa karena arus listrik yg lewat terlalu besar, karena oksidasi dan pernah terjadi korslet atau pun pernah terkena cairan.

      Hapus
  11. Nama : Adi Nurcahyo
    Kelas : XII Teknik Ototronik 2
    Absen :02

    Assalamualaikum wr wb mohon maaf saya mau bertanya apakah kerja voltage regulator seperti kerja kiprok (regulator) pada kendaraan bermotor?
    Terimakasih wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  12. Nama : Adi Nurcahyo
    Kelas : XII Teknik Ototronik 2
    Absen :02

    Assalamualaikum wr wb mohon maaf saya mau bertanya apakah kerja voltage regulator seperti kerja kiprok (regulator) pada kendaraan bermotor?
    Terimakasih wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  13. Nama : Ganang Aji Priambodo
    Kelas : XII TO 1
    No : 15
    Bagaimana cara menghindari agar gulungan kawat tembaga tidak putus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawat tembaga pada komponen apa?

      Hapus
    2. hindari menambah aksesoris kelistrikan sehingga beban alternator bertambah berat. lalu getaran dari alternator saat bekerja. kawat tembaga pada umumnya sangat awet dan bukan kategori komponen fast moving

      Hapus
  14. Nama : Paskasius Yosi Danasmoro
    Kelas : XII TO 1
    No : 22

    Apa yang menyebabkan diode putus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa terjadi karena arus yg lewat terlalu besar ataupun panas dari mesin dan dari arus yg lewat bisa menyebabkan diode putus atau rusak.

      Hapus
  15. Nama :Abiyyu Ammar
    No: 01
    Kelas : XII TO 2
    Bagaimana cara memperbaiki gulungan kawat yang terputus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau terjadi di dinamo atau alternator harus di gulung ulang. krn kalau di sambung akan beresiko short

      Hapus
  16. Nama:Riski Saputra
    No:23
    Kelas:XII Teknik ototronik

    Assalamualaikum wr wb setelah membaca artikel saya dapat memahami ganguan sistem kelistrikan dan komponennya .

    voltage regulator sangatlah penting. Dengan mengandalkan komponen ini maka tegangan yang disalurkan akan berada di angka 13,5 – 14,5 volt .kalau tidak mencapai angka 13,5-14,5 apa yang akan terjadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. accu tidak akan bisa penuh kapasitasnya. dan apabila kendaraan membutuhkan arus yang besar atau kelistrikan di kendaraan dinyalakan semua maka akan terjadi drop tegangan kekurangan arus. listrik yang tersimpan di accu akan dipakai dan lama kelamaan kapasitas accu akan habis

      Hapus
  17. Nama : Septian Yusuf Firmansyah
    Kelas : XII TO 1
    NoAbsen : 25

    Pertanyaan:
    Apa yang Penyebabkan diode menjadi putus?

    BalasHapus
  18. Nama:M Ardhi pratama
    Kelas:XIITO2
    No:16

    BalasHapus
  19. Fathan Nurfauzi
    XII TO 2
    10

    Bagaimana mencegah kerusakan di semua sistem kelistrikannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan spesifikasi yang sesuai dengan beban kelistrikan, gunakan pengaman di setiap beban. hindari memodifikasi kelistrikan standart pada kendaraan.

      Hapus
  20. Bagaimana cara mencegah terjadinya korosi pada kabel aki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama dan kelas

      Sudah ada yg di jawab ya. silahkan dibaca lagi

      Hapus
  21. Nama : Tosa ranang
    Kelas : Xll TO 1
    No : 28

    Bagaimana cara menghidari bagian" alternalor agar tidak terjadi masalah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan menambah beban kelistrikan standart. misal menambah lampu atau ganti watt yang lebih besar. cek scara berkala fisik dari alternator, dan cek kekencangan belt pada alternator.

      Hapus
  22. Nama:Aji Nurdin Saputra
    Kelas :XII TO 2
    Nomor:04

    Bagaimana cara kita mengetahui jika terdapat kerusakan pada diode?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diode bisa di cek menggunakan multi meter. secara umum kalau dioda pada alternator rusak maka akan terjadi over voltage dan menyebabkan accu basah bau air accu dan lampu2 mudah mati.

      Hapus
  23. Nama:Rizal Angger Hernano
    Kelas:XII TO2
    NO:24

    jika kawat tembaga putus,itu bisa diperbaiki atau lebih baik diganti baru??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk darurat bisa disambung, tapi sebaiknya di gulung ulang agar tidak terjadi short

      Hapus
  24. Nama:Yuri Galih Wicaksono
    No :29
    Kelas:XII TO 1
    Pertanyaan:
    apa itu diode bagaimana bentuknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diode atau dioda adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penyearah. pengubah arus AC menjadi DC. bentuk beraneka macam ada yg seperti resistor dan ada yg persegi 4 biasa di sebut diode bridge.

      Hapus
  25. Nama. : Yuliawan N
    Kelas. : XII TO 2
    NO. : 28
    Saya mau tanya bagaimana cara mencegah Dinamo Amper bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan menambah beban kelistrikan standart. dan cek alternator secara berkala

      Hapus
  26. Nama:Doni Nursalim
    No:10
    Kelas:XII TO 1
    Pertanyaan:
    Apakah alternator dapat rusak jika terkena air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hanya percikan air tidak apa, yang penting jangan terendam. akan mempercepat rusak brush dan komponen penyearah.

      Hapus
  27. Nama : Septian Yusuf
    Firmansyah
    Kelas : XII TO 1
    NoAbsen : 25

    Pertanyaan :
    Pada diode, manakah diantara diode positif + dan diode negatif - yg sering terjadi putus?

    BalasHapus
  28. Nama: M Rifky Saputra
    No:17
    Kelas:XII TO 2

    Bagaimana cara menghindari agar Kabel pada Altenator yang menuju ke aki tidak cepat terjadi korosi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat pemasangan di beri gemuk atau pelumas pasta

      Hapus
  29. Heri Purnomo
    XII TO 2
    12

    Alhamdulillah setelah membaca artikel tersebut saya menjadi paham tentang gangguan sistem kelistrikan dan komponennya.

    BalasHapus
  30. Muhammad septian bayu aji
    XII TO 1
    30
    apa yang dimaksud dengan arus ac?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alternating current atau arus bolak balik.

      Hapus
  31. Nama : Alvito Deanova
    Kelas :XII TO 2
    No. Absen : 06



    Apabila brush/arang habis bisa mempengaruhi alternator dan komponen kelistrikan lainnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, produksi listrik dari alternator ke aki tidak lancar

      Hapus
  32. Nama:CLEMENT BAGASKARA DINATA
    Kelas :XII TO 1
    No:6
    Pertanyaan:
    Bagaimana gulungan atau kawat yg terputus dapat mempengaruhi alternator ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau putus tentu saja tidak ada aliran arus listrik jadi alternator tidak dapat memproduksi energi listrik

      Hapus
  33. Nama : Choirul Anam
    No. : 08
    Kelas. : XII TO 2

    Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan arus DC?

    BalasHapus
  34. Nama : Khrisna Adhitya
    No :14
    Kelas : XII TO 2

    Setelah saya membaca artikel tersebut saya menjadi paham dan menambah wawasan.

    Pertanyaan: apakah perbedaan arus AC dan arus DC

    BalasHapus
    Balasan
    1. ac arus bolak balik aperti PLN. DC arus searah seperti baterai, accu.

      Hapus
  35. Nama:Alan Darma S
    kelas: XII TO 2
    No: 05

    Pertanyaaan: apa penyabab utama Diode Putus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beban yang mengalir pada dioda terlalu besar. panas dari mesin dan dioda itu sendiri .

      Hapus
  36. Nama : Nicolaus Dimas Agung Prasetyo
    Kelas : XII TO 1
    No. : 21

    Pada alternator, saat arus AC diubah menjadi arus DC apakah nilai tegangan akan sama atau beda?

    BalasHapus
  37. Nama:Fajar Ariyanto
    Kelas:XII TO 1
    No:13

    Pertanyaan:Apa fungsi dari diode pada alternator?

    BalasHapus
  38. Nama : Dwi hermawan
    Kelas : XII TO 1
    NO : 11
    Pertanyaan : apa yang terjadi jika brush yang sudah habis tidak cepat diganti

    BalasHapus
  39. Nama :Rifki nugroho
    No :22
    Kelas :XII TO2
    Bagaimana cara mengatasi jika ada masalah pada sistem kelistrikan pada kendaraan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer