Menganalisis gangguan sistem standar kelistrikan otomotif
Selain dapat menyebabkan mobil mogok, masalah kelistrikan juga
bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa perangkat kendaraan yang mengandalkan
sumber kelistrikan. Bahkan jika sudah terjadi kerusakan, biaya yang dikeluarkan
juga tidaklah sedikit untuk pulih sepenuhnya.
Berikut ini merupakan beberapa komponen kelistrikan yang merupakan kunci utama pada sistem kelistrikan kendaraan.
Aki
Komponen ini menjadi sumber listrik pada kendaraan. Fungsinya
adalah untuk menyimpan tenaga listrik dan menyalurkannya ke beberapa komponen
yang membutuhkan tenaga listrik seperti lampu, perangkat audio dan lainnya yang
ada pada kendaraan. Jika aki bermasalah bisa berakibat mobil mogok.
Alternator
Komponen ini juga disebut dengan nama dinamo ampere. Bagian
ini bisa menghasilkan arus listrik AC (alternating current) dan selanjutnya
diubah menjadi arus DC (direct current).
Voltage Regulator
Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengatur arus listrik
yang terdapat pada alternator supaya bisa sesuai dengan komponen kelistrikan
dan kapasitas aki pada kendaraan. Jika listrik yang mengalir menuju aki terlalu
berlebihan bisa menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itulah fungsi dari komponen
voltage regulator sangatlah penting. Dengan mengandalkan komponen ini maka
tegangan yang disalurkan akan berada di angka 13,5 – 14,5 volt. Biasanya mobil
mengandalkan aki DC dengan tegangan 12 volt.
Setelah melihat beberapa komponen tersebut, penjelasan
selanjutnya berkaitan dengan masalah kelistrikan pada
mobil. Jadi setiap komponen bisa berpotensi mengalami kerusakan, berikut
informasinya.
Masalah kelistrikan pada mobil
Aki
Kerusakan
yang sering terjadi pada aki basah adalah sel sudah aus atau getas. Sebenarnya
jika mengalaminya menandakan bahwa kerusakan tergolong masih baru, karena
pemilik telat melakukan pengisian air aki. Oleh sebab itu banyak yang
menyarankan untuk melakukan pengecekan pada kondisi aki mobil. Adapun
pengecekan yang paling mudah adalah dengan melihat indikator warna yang
terdapat pada aki mobil. Jika indikatornya masih menunjukkan warna biru maka
menandakan masih bagus, namun jika warna merah maka menandakan terdapat
masalah.
Masalah pada
aki selanjutnya adalah kabelnya mengalami korosi yang berakibat arus listrik
tidak maksimal dalam penyalurannya ke mesin. Untuk mengatasinya sebenarnya
cukup mudah yakni hanya dengan melakukan pembersihan terminal aki dengan rutin
dan menjaga sambungan kabel agar tidak konsleting dengan memberikan pembungkus.
Alternator
Apabila alternator mengalami masalah bisa membuat mobil mogok. Masalah yang sering terjadi pada alternator meliputi:
1. Gulungan Kawat Tembaga Yang Putus
Untuk mengetahui masalah ini terbilang sulit yakni dengan menyalakan semua piranti pada kendaraan yang memakai sistem kelistrikan. Jika Cahaya lampu atau suara audio terasa berkurang dan tidak maksimal maka menandakan adanya kerusakan. Bahkan saat gulungan atau kawat yang putus dalam jumlah banyak bisa membuat mobil mogok dan saat menghidupkannya terasa sulit.
2. Diode Putus
Terdapat 6 diode yang biasa terdapat pada bagian alternator. Akan tetapi, walaupun hanya satu yang mengalami kerusakan bisa membuat mesin kendaraan sulit untuk dinyalakan.
3. Kabel Korosi
Dalam masalah ini biasanya yang sering dialami adalah kabel yang menuju ke aki terjadi korosi. Hasilnya aliran listriknya yang menuju aki kurang maksimal. Jika sudah begitu mobil menjadi sulit untuk dihidupkan. Oleh sebab itulah pemeriksaan rutin perlu dilakukan pada kabelnya.
4. Brush Atau Arang Yang Habis
Jika komponen ini sudah habis maka akan membuat medan magnet yang berada di dalam alternator tidak dapat melakukan pekerjaannya. Jika sudah begitu maka arus listrik yang menuju ke piranti kendaraan tidak akan terbentuk. Sementara itu, kehabisan arang disebabkan oleh penggunaan yang dilakukan secara terus menerus. Solusinya adalah dengan melakukan penggantian yang baru. Pada umumnya medan magnet akan langsung bekerja ketika kunci kontak pada mobil diaktifkan.
Voltage
Regulator
Untuk masalah
kelistrikan yang terakhir adalah di bagian voltage regulator.
Biasanya bagian ini mengalami masalah karena aki atau alternator yang
bermasalah. Gejalanya sangat mudah untuk diketahui yaitu sekering dan bohlam
lampu yang sering putus. Jika mengalaminya segera perbaiki agar tidak
menyebabkan sumber listrik ikut bermasalah.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSaya sudah memahami artikel tersebut dan sangat bermanfaat
BalasHapusNama dan kelas
HapusNama : muhammad arsyad D
HapusKelas : XII TO 1
Raihan Arya F/21 XII TO.2
HapusBermanfaat, Alhamdulillah Setelah Membaca Artikel Blog ini saya mendapat informasi tentang gangguan sistem kelistrikan otomotif Dan komponennya.
BalasHapusFathan Nurfauzi/10
HapusXII TO 2
Artikel ini sangat membantu, memudahkan saya mengidentifikasi kerusakan dan penanganannya..
BalasHapusAssalamualaikum wr wb mohon maaf saya mau tanya apakah kerja voltage regulator seperti kerja kiprok (regulator) pada kendaraan bermotor?
BalasHapusWalaikum salam, Harap di sertakan nama dan kelas ya.
HapusUntuk Voltage regulator memang cara kerja seperti kiprok. untuk mentabilkan tegangan ke accu. Tp yg di blog ini adalah voltage regulator konvensional. masih berupa mekanik, belum menggunakan IC yg kebanyakan mobil sekarang di produksi.
Adi Nurcahyo / 02
BalasHapusXII TO 2
Nama : Novianto Ardi
BalasHapusNo. : 31
Kls. : XII TO-1
Berapakah daya arus listrik AC yang dihasilkan oleh altenator sebelum diubah menjadi DC?
Daya listrik sama saat arus AC dan DC. tapi daya listrik yang dibangkitkan alternator tergantung berapa banyak kebutuhan listrik di kendaraan. bila aki belum penuh dan kebutuhan listrik banyak, misal penerangan dan ac nyala, maka alternator akan mengeluarkan energi listrik yang banyak.
HapusMungkin 100~ 200watt di tegangan 12v
HapusTegangan sistem 12volt bisa sampai 14,6volt. Daya yg dikeluarka tergantung kebutuhan beban, bisa dibawah 100watt atau bisa lebih dari 500watt
HapusArtikel ini informatif juga mudah di pahami, dri artikel ini sy mendapatkan informasi tentang gangguan pada sistem kelistrikan secara jelas pada komponen dan cara perbaikan maupun untuk meminimalisir kerusakannya
BalasHapusPramudhiyaagai
HapusXII TO 2
19
Adi Nurcahyo / 02
BalasHapusXII TO 2
Berapa lama bertahan aki kering dan aki basah apakah ada perbedaan di antaranya??
BalasHapusMusfa imam risfiantoro
XII TO 2
18
Untuk daya tahan baterai karing dan basah menurut pengalaman masih awet yg basah apabila perawatan accu teratur. tapi tidak menutup kemungkinan teknologi aki kering sekarang semakin bagus.
HapusAyuda Anhar /05/Xll TO 1
BalasHapusSetelah saya membaca,artikel di atas saya dapat memahami tentang gangguan sistem kelistrikan dan komponen nya.
Apa fungsi brush atau arang?
untuk perantara mengairkan arus listrik ke kumparan
HapusNama:Galih Arif Pambudi
BalasHapusKelas:XII TO 1
No:14
Pertanyaan:
Apa yang menyebabkan kabel mengalami korosi?
beberapa sebab, bisa karena arus listrik yg lewat terlalu besar, karena oksidasi dan pernah terjadi korslet atau pun pernah terkena cairan.
HapusNama : Adi Nurcahyo
BalasHapusKelas : XII Teknik Ototronik 2
Absen :02
Assalamualaikum wr wb mohon maaf saya mau bertanya apakah kerja voltage regulator seperti kerja kiprok (regulator) pada kendaraan bermotor?
Terimakasih wassalamualaikum wr wb
ya, prinsip kerjanya sama
HapusNama : Adi Nurcahyo
BalasHapusKelas : XII Teknik Ototronik 2
Absen :02
Assalamualaikum wr wb mohon maaf saya mau bertanya apakah kerja voltage regulator seperti kerja kiprok (regulator) pada kendaraan bermotor?
Terimakasih wassalamualaikum wr wb
secara prinsip sama
HapusNama : Ganang Aji Priambodo
BalasHapusKelas : XII TO 1
No : 15
Bagaimana cara menghindari agar gulungan kawat tembaga tidak putus?
kawat tembaga pada komponen apa?
HapusAlternator
Hapushindari menambah aksesoris kelistrikan sehingga beban alternator bertambah berat. lalu getaran dari alternator saat bekerja. kawat tembaga pada umumnya sangat awet dan bukan kategori komponen fast moving
HapusNama : Paskasius Yosi Danasmoro
BalasHapusKelas : XII TO 1
No : 22
Apa yang menyebabkan diode putus?
bisa terjadi karena arus yg lewat terlalu besar ataupun panas dari mesin dan dari arus yg lewat bisa menyebabkan diode putus atau rusak.
HapusNama :Abiyyu Ammar
BalasHapusNo: 01
Kelas : XII TO 2
Bagaimana cara memperbaiki gulungan kawat yang terputus?
kalau terjadi di dinamo atau alternator harus di gulung ulang. krn kalau di sambung akan beresiko short
HapusNama:Riski Saputra
BalasHapusNo:23
Kelas:XII Teknik ototronik
Assalamualaikum wr wb setelah membaca artikel saya dapat memahami ganguan sistem kelistrikan dan komponennya .
voltage regulator sangatlah penting. Dengan mengandalkan komponen ini maka tegangan yang disalurkan akan berada di angka 13,5 – 14,5 volt .kalau tidak mencapai angka 13,5-14,5 apa yang akan terjadi?
accu tidak akan bisa penuh kapasitasnya. dan apabila kendaraan membutuhkan arus yang besar atau kelistrikan di kendaraan dinyalakan semua maka akan terjadi drop tegangan kekurangan arus. listrik yang tersimpan di accu akan dipakai dan lama kelamaan kapasitas accu akan habis
HapusNama : Septian Yusuf Firmansyah
BalasHapusKelas : XII TO 1
NoAbsen : 25
Pertanyaan:
Apa yang Penyebabkan diode menjadi putus?
sudah di jawab di pertanyaan diatas ya
HapusNama:M Ardhi pratama
BalasHapusKelas:XIITO2
No:16
Fathan Nurfauzi
BalasHapusXII TO 2
10
Bagaimana mencegah kerusakan di semua sistem kelistrikannya?
gunakan spesifikasi yang sesuai dengan beban kelistrikan, gunakan pengaman di setiap beban. hindari memodifikasi kelistrikan standart pada kendaraan.
HapusBagaimana cara mencegah terjadinya korosi pada kabel aki?
BalasHapusNama dan kelas
HapusSudah ada yg di jawab ya. silahkan dibaca lagi
Nama : Tosa ranang
BalasHapusKelas : Xll TO 1
No : 28
Bagaimana cara menghidari bagian" alternalor agar tidak terjadi masalah ?
jangan menambah beban kelistrikan standart. misal menambah lampu atau ganti watt yang lebih besar. cek scara berkala fisik dari alternator, dan cek kekencangan belt pada alternator.
HapusNama:Aji Nurdin Saputra
BalasHapusKelas :XII TO 2
Nomor:04
Bagaimana cara kita mengetahui jika terdapat kerusakan pada diode?
Diode bisa di cek menggunakan multi meter. secara umum kalau dioda pada alternator rusak maka akan terjadi over voltage dan menyebabkan accu basah bau air accu dan lampu2 mudah mati.
HapusNama:Rizal Angger Hernano
BalasHapusKelas:XII TO2
NO:24
jika kawat tembaga putus,itu bisa diperbaiki atau lebih baik diganti baru??
untuk darurat bisa disambung, tapi sebaiknya di gulung ulang agar tidak terjadi short
HapusNama:Yuri Galih Wicaksono
BalasHapusNo :29
Kelas:XII TO 1
Pertanyaan:
apa itu diode bagaimana bentuknya?
Diode atau dioda adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penyearah. pengubah arus AC menjadi DC. bentuk beraneka macam ada yg seperti resistor dan ada yg persegi 4 biasa di sebut diode bridge.
HapusNama. : Yuliawan N
BalasHapusKelas. : XII TO 2
NO. : 28
Saya mau tanya bagaimana cara mencegah Dinamo Amper bermasalah?
jangan menambah beban kelistrikan standart. dan cek alternator secara berkala
HapusNama:Doni Nursalim
BalasHapusNo:10
Kelas:XII TO 1
Pertanyaan:
Apakah alternator dapat rusak jika terkena air?
kalau hanya percikan air tidak apa, yang penting jangan terendam. akan mempercepat rusak brush dan komponen penyearah.
HapusNama : Septian Yusuf
BalasHapusFirmansyah
Kelas : XII TO 1
NoAbsen : 25
Pertanyaan :
Pada diode, manakah diantara diode positif + dan diode negatif - yg sering terjadi putus?
Adakah diode + dan - ?
HapusNama: M Rifky Saputra
BalasHapusNo:17
Kelas:XII TO 2
Bagaimana cara menghindari agar Kabel pada Altenator yang menuju ke aki tidak cepat terjadi korosi?
saat pemasangan di beri gemuk atau pelumas pasta
HapusHeri Purnomo
BalasHapusXII TO 2
12
Alhamdulillah setelah membaca artikel tersebut saya menjadi paham tentang gangguan sistem kelistrikan dan komponennya.
Muhammad septian bayu aji
BalasHapusXII TO 1
30
apa yang dimaksud dengan arus ac?
alternating current atau arus bolak balik.
HapusNama : Alvito Deanova
BalasHapusKelas :XII TO 2
No. Absen : 06
Apabila brush/arang habis bisa mempengaruhi alternator dan komponen kelistrikan lainnya??
ya, produksi listrik dari alternator ke aki tidak lancar
HapusNama:CLEMENT BAGASKARA DINATA
BalasHapusKelas :XII TO 1
No:6
Pertanyaan:
Bagaimana gulungan atau kawat yg terputus dapat mempengaruhi alternator ?
kalau putus tentu saja tidak ada aliran arus listrik jadi alternator tidak dapat memproduksi energi listrik
HapusNama : Choirul Anam
BalasHapusNo. : 08
Kelas. : XII TO 2
Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan arus DC?
direct current atau arus searah
HapusNama : Khrisna Adhitya
BalasHapusNo :14
Kelas : XII TO 2
Setelah saya membaca artikel tersebut saya menjadi paham dan menambah wawasan.
Pertanyaan: apakah perbedaan arus AC dan arus DC
ac arus bolak balik aperti PLN. DC arus searah seperti baterai, accu.
HapusNama:Alan Darma S
BalasHapuskelas: XII TO 2
No: 05
Pertanyaaan: apa penyabab utama Diode Putus?
beban yang mengalir pada dioda terlalu besar. panas dari mesin dan dioda itu sendiri .
HapusNama : Nicolaus Dimas Agung Prasetyo
BalasHapusKelas : XII TO 1
No. : 21
Pada alternator, saat arus AC diubah menjadi arus DC apakah nilai tegangan akan sama atau beda?
Nama:Fajar Ariyanto
BalasHapusKelas:XII TO 1
No:13
Pertanyaan:Apa fungsi dari diode pada alternator?
Nama : Dwi hermawan
BalasHapusKelas : XII TO 1
NO : 11
Pertanyaan : apa yang terjadi jika brush yang sudah habis tidak cepat diganti
Nama :Rifki nugroho
BalasHapusNo :22
Kelas :XII TO2
Bagaimana cara mengatasi jika ada masalah pada sistem kelistrikan pada kendaraan