Materi PPCSIT Tentang Sistem Power Window
Salah
satu aspek kenyamanan mengemudi, adalah sirkulasi udara. Umumnya sirkulasi
udara akan disuplai oleh HVAC system. Namun, HVAC menggunakan daya mobil karena
menggunakan rangkaian motor blower sehingga bisa membuat mobil boros.
Selain HVAC, ternyata ada satu lagi sirkulasi udara
didalam mobil yakni window atau jendela.
Setiap mobil pasti memiliki jendela, dan umumnya
jendela ini bisa dibuka tutup. Dulu, untuk membuka tutup jendela dipakai sebuah
engkolan yang terletak pada door trim. Tapi, itu cukup menyusahkan karena kita
harus memutar engkolan tersebut untuk membuka atau menutup jendela mobil yang
kadang juga tidak ringan.
Tapi pada mobil-mobil sekarang, hal itu sudah sulit
ditemui karena hampir semua mobil sudah menggunakan electric power window. Lalu
bagaimana cara kerja dan rangkaian electric power window ? simak selengkapnya
dibawah.
A. Pengertian Electric Power Window
Electric power window adalah suatu rangkaian
mekatronik (mekanik dan elektronik) yang bertugas untuk membuka dan menutup
kaca jendela pada pintu mobil hanya dengan sentuhan tombol.
Aktor utama pada elektronik power window, adalah motor
listrik yang terpasang dibalik door trim. motor listrik ini, dihubungkan pada
sebuah mekanisme dimana ketika motor berputar maka mekanisme itu akan
menggerakan kaca keatas atau kebawah tergantung arah putaran motor.
Secara umum, mekanisme power window sama dengan kaca
jendela manual yang menggunakan engkolan. Hanya saja, titik putar engkolan
dihubungkan ke poros motor listrik. Sehingga, ketika motor diaktifkan,
mekanisme tersebut akan bekerja menaikturunkan kaca jendela.
B. Rangkaian & Cara Kerja Power
Window
Lalu, seperti apa rangkaian kelistrikannya ? anda bisa
lihat gambar dibawah.
Rangkaian kelistrikan power window diatas, merupakan
rangkaian paling sederhana dari sistem elekctronik power window pada sebuah
mobil. Ada beberapa komponen yang perlu anda pahami lebih dulu ;
1. Driver power window
motor, ini adalah motor power window yang terletak pada kaca jendela di sisi
pengemudi.
2. Passenger power window
motor, ini adalah motor power window yang terletak pada kaca jendela pintu kiri
(pintu penumpang)
3. Driver power window
swicth, saklar utama yang ada disisi driver. Karena berfungsi sebagai saklar
utama, saklar ini bisa mengontrol dua sisi motor power window sekaligus.
4. Passenger power window
swicth, ini adalah saklar pada sisi pengemudi (pintu kiri). Saklar ini hanya
bisa mengontrol power window pada sisi pengemudi saja.
Rangkaian diatas, menunjukan skema power window untuk
dua pintu depan (pintu kanan sebagai pintu driver, dan pintu kiri sebagai pintu
passenger). Sementara untuk skema yang menunjukan power window untuk empat
pintu, rangkaiannya akan lebih rumit karena ada empat motor dan empat saklar.
Tetapi, apabila anda bisa memahami skema diatas maka mudah untuk memahami skema
power window 4 motor.
Lalu bagaimana cara kerjanya ?
1. Saat kaca dinaikan
Rangkaian pertama, menunjukan rangkaian power window
dalam posisi Off dengan kata lain tidak ada aliran arus dari aki ke motor power
window. Ketika anda mengungkit tombol saklar power window keatas, maka akan ada
hubungan pada plat (c).
- Dalam hal ini, akan ada aliran arus listrik dari
sumber (a) melewati fuse, masuk ke saklar utama (b).
- Dari saklar utama, masuk ke plat up (c).
- Arus listrik diteruskan hingga output (d) saklar
utama mengikuti jalur plat c.
- Arus listrik diteruskan hingga masuk kedalam
motor power window (e).
- Keluar dari motor power window (f) arus masuk
lagi ke saklar utama melalui rangkaian lain (g).
- Arus disalurkan ke plat (h) yang terhubung ke
line ground (i). line ground ini, secara langsung terhubung ke masa atau
terminal negatif aki (j). sehingga rangkaian motor power window dapat
aktif.
Dalam hal ini, motor akan berputar ke arah tertentu
yang membuat mekanisme penggerak kaca jendela mendorong kaca keatas.
2. Saat kaca diturunkan
Ketika anda menekan tombol saklar power
window, maka kaca akan turun. Dalam hal ini, akan ada aliran arus listrik
sebagai berikut ;
- Arus listrik dari sumber arus (a) masuk ke saklar
utama power window (b).
- Karena saklar down yang dipilih, maka plat (h)
yang terhubung ke sumber arus.
- Arus dari plat (h), kemudian diteruskan ke output
saklar utama (g).
- Arus listrik kemudian terhubung ke motor window
melalui titik (f).
- Output dari motor (e), arus akan disalurkan
kembali ke saklar utama melalui titik (d).
- Disisi lain, plat (c) terhubung ke line ground
(i). Sehingga arus dari titik (d), terhubung ke plat (c), lalu terhubung
ke masa melalui line ground.
Dalam hal ini, arus listrik juga melewati motor dan
sampai ke ground namun dengan arah yang terbalik (dari titik f ke e). hal ini,
membuat arah putaran motor juga terbalik. Sehingga mekanisme penggerak kaca
akan menggerakan kaca dengan arah yang terbalik juga atau turun.
C. Komponen Electric Power Window
Selain komponen kelistrikan yang disebutkan diatas,
ada beberapa komponen lain yang tergabung dalam sistem power window. Antara
lain ;
- Transfer gear, merupakan mekanisme pengubah
gerakan putar motor ke tarikan kabel.
- Glass holder, berfungsi sebagai pemegang kaca
mobil.
- Glass holder cable, berfungsi sebagai tali yang
menarik glass holder sehingga bisa bergerak keatas dan kebawah.
- Glass holder track, merupakan sebuah track atau
lintasan untuk tempat bergeraknya glass holder. Sehingga kaca mobil bisa
bergerak naik turun dengan arah dan timming yang tepat.
Komponen mekanisme diatas, mungkin saja penamaannya
berbeda pada tiap merk mobil. Meski berbeda, fungsi dan cara kerjanya tetap
sama.
Demikian meteri singkat tentang rangkaian dan cara
kerja power window pada mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.
Silahkan Absensi Di Bawah
BalasHapusNama:Galih Arif Pambudi
BalasHapusNo:14
Kelas:XII TO 1
Nama : Al Dani Razaqqi P.
BalasHapusNo : 04
Kelas : XII TO 1
Nama : Novianto Ardi
BalasHapusNo. : 31
Kelas. : XII TO-1
Nama:Fajar Ariyanto
BalasHapusNo:13
Kelas:XII TO 1
Nama:Doni Nursalim
BalasHapusNo:10
Kelas:XII TO 1
Nama : Randhika Juliatama Saputra
BalasHapusAbsen : 23
Kelas : XII TO 1
Nama: Ayuda Anhar
BalasHapusNomor: 05
Kelas: XIl TO 1
Nama : Septian Yusuf Firmansyah
BalasHapusNo Absen : 25
Kelas : XII TO 1
Nama : Paskasius Yosi Danasmoro
BalasHapusNo Absen : 22
Kelas : XII TO 1
Nama :Fathan Nurfauzi
BalasHapusAbsen :10
Kelas :XII TO 2
Nama : Adi Nurcahyo
BalasHapusAbsen : 02
Kelas : XII TO 2
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus